Ensiklopedi Serat Centhini

Ensiklopedi Serat CenthiniSerat Centhini merupakan sebuah ensiklopedi yang memuat berbagai informasi penting mengenai politik, ekonomi, sastra, budaya, religi yang telah berkembang di Jawa pada era Sebelum Masehi hingga pada ke 18 Masehi. Para krtiikus memuji kitab ini sebagai karya sastra istana Jawa yang megah, mewah, indah, dan bermutu tinggi.

Banyak ilmuwan yang membicarakan, mengkaji, dan menimba ilmu pengetahuan Jawa dari Serat Centhini yang kaya akan data, fakta, dan analisa. Tidak berlebihan bila para ilmuwan besar menyebut serat yang disusun atas prakarsa Sinuhun Paku Buwana V di Surakarta ini sebagai warisan sastra dunia. Karya sastra ini telah memberi kontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Dokumentasi dan klasifikasi berbagai ilmu pengetahuan, telah menunjukkan para cendekiawan Jawa. Elit cendekiawan mampu berkomunikasi di panggung ilmiah internasional.

Kehadiran serat centhini pada kancah pustaka dunia itu, secara otomatis mengangkat harkat, martabat dan derajat jatidiri bangsa. Ternyata dientitas suatu bangsa hanya bisa ditampilkan lewat kreativitas dan produktivitas. Serat centhini sudah membuktikan kaitan antara prestise dan prestasi bangsa Indonesia. Buku Ensiklopedi serat Centhini ini bermaksud memberikan rangkuman atas data, falta dan analisa terpenting dari kitab tersebut. Kehadiran buku ini sungguh akan memudahkan pembaca dalam memahami isi kitab yang sangat tebal ini dalam waktu singkat , tepat dan akurat.

Keterangan Rinci:

Judul: Ensiklopedi Serat Centhini
Penulis: Drs. Djoko Dwiyanto, M. Hum
Thn Terbit: 2008
Bahasa: Indonesia
ISBN: 1001071mhus
Halaman: 821

Iklan
%d blogger menyukai ini: