Catatan Pertama

Les chants de l'île à dormir debout , Le livre de CenthiniWikipedia menulis : Serat Centhini atau juga disebut Suluk Tambanglaras atau Suluk Tambangraras-Amongraga, merupakan salah satu karya sastra terbesar dalam kesusastraan Jawa Baru. Serat Centhini menghimpun segala macam ilmu pengetahuan dan kebudayaan Jawa, agar tak punah dan tetap lestari sepanjang waktu. Serat Centhini disampaikan dalam bentuk tembang, dan penulisannya dikelompokkan menurut jenis lagunya.[*]

Dibagian lain, di Wikipedia terdapat pula definisi mengenai Suluk:

Suluk secara harfiah berarti menempuh (jalan). Dalam kaitannya dengan agama Islam dan sufisme, kata suluk berarti menempuh jalan (spiritual) untuk menuju Allah. Menempuh jalan suluk (bersuluk) mencakup sebuah disiplin seumur hidup dalam melaksanakan aturan-aturan eksoteris agama Islam (syariat) sekaligus aturan-aturan esoteris agama Islam (hakikat). Ber-suluk juga mencakup hasrat untuk Mengenal Diri, Memahami Esensi Kehidupan, Pencarian Tuhan, dan Pencarian Kebenaran Sejati (ilahiyyah), melalui penempaan diri seumur hidup dengan melakukan syariat lahiriah sekaligus syariat batiniah demi mencapai kesucian hati untuk mengenal diri dan Tuhan.

 

Kata suluk berasal dari terminologi Al-Qur’an, Fasluki, dalam Surat An-Nahl [16] ayat 69, Fasluki subula rabbiki zululan, yang artinya Dan tempuhlah jalan Rabb-mu yang telah dimudahkan (bagimu). Seseorang yang menempuh jalan suluk disebut salik.

 

Kata suluk dan salik biasanya berhubungan dengan tasawuf, tarekat dan sufisme. [*]

Dengan demikian, Serat Centhini adalah sebuah serat yang berguna untuk menempuh jalan (spiritual) untuk menuju Allah Taala.

 

Sangat disayangkan, akhir-akhir ini kepopuleran Serat Centhini meroket, bukan karena ia dipergunakan dalam kerangka suluk, akan tetapi melenceng jauh dari tujuannya dan bahkan disangka sebagai wacana pornografi.

Blog Serat Centhini dibuat untuk mengupulkan berbagai informasi mengenai Serat Centhini dan apresiasinya. Mudah-mudahan berguna bagi nusa dan bangsa.

Iklan
%d blogger menyukai ini: